logo berakhlak
Pengadilan Negeri
Logo Pengadilan Negeri Kuala Kurun

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Kuala Kurun

Jl. Tjilik Riwut Km. 8, Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah 74511

e-mail: pn.kkn1@gmail.com, Instagram : pn.kualakurun, Facebook : pengadilannegeri.kualakurun, Whatsapps : +62812-5182-0582

Logo Artikel

RINGKASAN LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH LKJIP

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

RINGKASAN EKSEKUTIF

LAPORAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LKjIP) TAHUN 2021

 

Salah satu azas dalam penerapan tata kepemerintahan yang baik adalah akuntabilitas. Akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban dari amanah atau mandat yang melekat pada suatu lembaga. Dengan landasan pemikiran tersebut, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Satuan Kerja Pengadilan Negeri Kuala Kurun Tahun 2021 ini disusun. LKjIP Tahun 2021 ini menyajikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Pengadilan Negeri Kuala Kurun sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai Peradilan Tingkat Pertama dan sesuai dengan Visinya yaitu “Terwujudnya Pengadilan Negeri Kuala Kurun yang Agung”.

Pengadilan Negeri Kuala Kurun telah menetapkan 2 (dua) tujuan sasaran strategis yang akan dicapai dalam tahun 2021. Kedua tujuan sasaran strategis tersebut selanjutnya diukur dengan mengaplikasikan 20 indikator kinerja dan 24 target kinerja.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa dari 6 (enam) sasaran strategis yang ditetapkan dalam Perjanjian Kinerja Tahun 2021, terdapat 3 (tiga) Sasaran Strategis yang berhasil dilaksanakan dengan baik (≥100%), yaitu Terwujudnya Proses Peradilan yang Pasti, Transparan, dan Akuntabel, Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Penyelesaian Perkara, Meningkatnya Akses Peradilan Bagi Masyarakat Miskin dan Terpinggirkan, Meningkatnya Pelaksanaan Pengawasan Kinerja Aparat Peradilan Secara Optimal dan Meningkatnya Transparansi Pengelolaan SDM, Keuangan dan Aset.

Sedangkan sasaran strategis lainnya belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik (≤100%), yaitu meningkatnya kepatuhan terhadap putusan pengadilan.

Secara keseluruhan, tingkat pencapaian kinerja Pengadilan Negeri Kuala Kurun adalah sebesar 95,8%.

Rincian capaian kinerja masing-masing indikator tiap sasaran strategis tersebut dapat diilustrasikan dalam tabel berikut :

Sasaran Strategis I

Terwujudnya Proses Peradilan Yang Pasti, Transparan dan Akuntabel

b.  Persentase perkara yang diselesaikan tepat waktu

-    Perdata

-    Pidana

70%

80%

95,9%

97,5%

137%

121%

c.  Persentase Putusan Perkara yang Tidak Mengajukan Upaya Hukum :

·      Banding

·      Kasasi

·      PK

70%

80%

80%

99%

99,75%

100%

141%

124,6%

125%

d.    Persentase Perkara Pidana Anak yang diselesaikan secara Diversi

1%

0%

0%

e.    Indeks Persepsi Pencari Keadilan yang puas terhadap layanan Peradilan

80%

92,71%

115%

Rata-Rata Capaian Kinerja Pada Sasaran Strategis I

115,2%

 

Sasaran Strategis II

Peningkatan Efektifitas Pengelolaan Penyelesaian Perkara

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

 Capaian

a.     Persentase salinan putusan yang dikirim kepada para pihak tepat waktu

90%

100%

111,1%

b.     Persentase Perkara yang diselesaikan melalui Mediasi

1%

0%

0%

c.     Persentase berkas perkara yang dimohonkan Banding, Kasasi dan PK yang diajukan secara lengkap dan tepat waktu

100%

100%

100%

d.     Persentase putusan perkara yang menarik perhatian masyarakat yang dapat diakses secara online dalam waktu 1 hari setelah perkara diputus

95%

100%

111,1%

Rata-Rata Capaian Kinerja Pada Sasaran Strategis II

107,4%

 

Sasaran Strategis III

Meningkatnya akses peradilan bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

 Capaian

a.  Persentase perkara prodeo yang diselesaikan

                                                                               

0%

0%

0%

b.  Persentase perkara yang diselesaikan di luar gedung pengadilan

0%

0%

0%

c.  Persentase pencari keadilan golongan tertentu yang mendapat layanan bantuan hukum (Posbakum)

80%

100%

125%

Rata-Rata Capaian Kinerja Pada Sasaran Strategis III

125%

 

Sasaran Strategis IV

Meningkatnya kepatuhan terhadap putusan pengadilan

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

 Capaian

Persentase putusan perkara perdata yang ditindaklanjuti (dieksekusi)

2%

0%

0%

Rata-Rata Capaian Kinerja Pada Sasaran Strategis IV

0%

 

Sasaran Strategis V

Meningkatnya pelaksanaan pengawasan kinerja aparat peradilan secara optimal

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

 Capaian

a.     Persentase jumlah pengawasan keuangan perkara

b.     Persentase jumlah pengawasan keuangan DIPA

c.     Persentase jumlah pengawasan bidang administrasi umum

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

100%

Rata-Rata Capaian Kinerja Pada Sasaran Strategis IV

100%

 

Sasaran Strategis VI

Meningkatnya transparansi pengelolaan SDM, keuangan, dan asset

Indikator Kinerja

Target

Realisasi

 Capaian

a.     Persentase jumlah SDM yang mengikuti pelatihan administrasi umum

b.     Persentase realisasi PNBP

c.     Persentase realisasi anggaran belanja

d.     Persentase terpenuhinya sarana prasarana Pengadilan

60%

100%

95%

85%

50%

96,3%

88,54%

200%

83,3%

96,3%

93,2%

235,2%

Rata-Rata Capaian Kinerja Pada Sasaran Strategis VI

127%

 

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas